Kamis, 31 Maret 2011

Cara duduk yang baik di depan Komputer

Bekerja di depan komputer sudah menjadi rutinitas bagi kita, baik itu pekerja kantoran ,siswa di sekolah, guru computer dan hobies seperti saya. Banyak dari kita yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, ketika duduk bagian manakah yang sakit ? pinggang, tangan atau hampir seluruh tubuh anda yang sakit ?

Salah satu sebabnya adalah mungkin posisi duduk kita yang tidak ergonomis. Kali ini saya akan membahas bagaimana agar posisi duduk kita ketika bekerja lebih ergonomis dan nyaman. Berikut 9 tips agar posisi duduk ketika bekerja di depan komputer agar lebih ergonomis dan nyaman sehingga bebas dari rasa sakit pinggang dan sakit lainnya :
1. Gunakan kursi yang berkaki banyak, misalnya kaki lima. Ini berfungsi untuk menjaga stabilitas dudukan dan keseimbangan badan.
2. Pastikan kursi anda berada di atas karpet atau alas yang tidak licin sehingga tidak goyang.
3. Disamping menggunakan kursi yang berkaki lima, sebaiknya gunakan kursi yang dapat memutar sehingga pekerjaan “ mobile “ anda akan lebih mudah.
4. Pilih juga kursi yang dapat di atur tinggi rendahnya. Ini tentunya agar fleksibel dengan ukuran tinggi tubuh penggunanya.
5. Gunakan juga kursi yang mempunyai sandaran di punggung sehingga dapat menopang punggung dengan baik, bila tidak ada sebaiknya gunakan bantal.
6. Gunakan monitor yang lebar.
7. Atur senyaman mungkin resolusi monitor anda sehingga tidak melelahkan mata.
8. Pastikan tinggi meja dan kursi anda sesuai dengan tinggi tubuh anda.
9. Terakhir, pastikan lebar dudukan kursi sesuai dengan lebar bokong. Dapat di bayangkan ketika lebar dudukan kursi lebih kecil dari bokong anda ?

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Space Iklan

Air Sehat-Hidup Sehat

kursus bahasa inggris cepat